4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Program Bayi Tabung

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Program bayi tabung menjadi salah satu jawaban bagi pasangan sulit memiliki keturunan. Meski tak menjamin 100 persen, namun program ini bisa jadi salah satu bentuk ikhtiar pasangan.

Bayi tabung atau inseminasi buatan merupakan prosedur medis untuk mengatasi masalah kesuburan atau infertilitas. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah sperma yang dapat mencapai saluran indung telur atau tuba falopi.

General Manager Medical Business and Operations PT Morula Indonesia sekaligus dokter di Rumah Sakit Umum Bunda Azhar Nurbahri mengatakan, program bayi tabung juga tidak hanya fokus pada kehamilan, tapi bisa menghasilkan keturunan yang sehat dan tidak mengalami kelainan genetik.

“Program ini bisa meminimalisir kelahiran anak dengan kelainan genetik seperti thalasemia hingga down syndrome,” kata Azhar dalam konferensi pers bersama Telon Lang Plus, Alodokter dan BMHS ‘Sehangat Harapan Ibu’ yang digelar di Auditorium Rumah Sakit Bunda, Jakarta, Kamis (2/6).

Azhar mengungkapkan, dalam satu tahun rumah sakitnya bisa menangani hingga 6 ribu pasangan yang ingin memiliki keturunan. Namun, tak semua pasangan itu berhasil memiliki keturunan.

“Kesuksesannya [bayi tabung] 30 sampai 40 persen, semuanya juga tergantung pada kondisi pasien saat hendak menjalani program ini,” kata Azhar.

Kesiapan dan persiapan pasangan sebelum memutuskan melakukan program bayi tabung juga harus diperhatikan. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan hingga berapa lama program tersebut akan dilakukan.

Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan pasangan sebelum melakukan program bayi tabung.

1. Jangan tunda

Sebaiknya program ini jangan ditunda terlalu lama. Pasalnya, faktor seperti usia bisa memengaruhi tingkat kesuksesan program bayi tabung.

“Segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat atau konsultasi dengan dokter kandungan, karena semakin cepat program dilakukan hasilnya juga semakin baik,” kata dia.

Baca Juga :  Dengarkan dengan Telinga dan Hati

Simak persiapan program bayi tabung lainnya di halaman berikutnya..


Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Program Bayi Tabung

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Tinggalkan komentar