7 Cara Alami Mengatasi Sariawan Seperti yang Dialami Pevita Pearce

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Aktris Pevita Pearce sedang mengalami sariawan. Tak main-main, sariawan yang dialaminya bertahan nyaris hingga dua pekan.

Meski terlihat sepele, sariawan jelas mengganggu kenyamanan, apalagi saat bersantap.

Tapi, Anda tak perlu khawatir, ada beberapa obat alami sariawan yang bisa dicoba.

Sariawan sendiri merupakan luka atau peradangan yang terjadi di area bibir atau di dalam mulut. Luka dapat menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman.

Obat Alami Sariawan

Pada dasarnya, sariawan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, rasanya yang mengganggu kerap membuat penderitanya tak tahan.

Alih-alih menggunakan obat kimia, Anda bisa mencoba cara alami mengatasi sariawan. Berikut diantaranya.

1. Kumur dengan air garam




Ilustrasi. Kumur air garam, salah satu cara alami mengatasi sariawan yang dialami Pevita Pearce. (iStockphoto/artisteer)

Air garam merupakan salah satu obat alami sariawan. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa berkumur dengan air garam.

Garam memiliki sifat antiseptik, membersihkan, dan menenangkan. Cukup larutkan satu sendok teh garam laut atau garam lain dengan segelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur selama 30 detik, buang dan bilas dengan air biasa.

2. Konsumsi yogurt

Mengutip Healthline, sariawan bisa disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur Candida albicans. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, jamur akan tumbuh pesat dan menimbulkan masalah, termasuk sariawan.

Konsumsi yogurt bisa membantu mengatasi sariawan seperti yang dialami Pevita Pearce. Yogurt akan membantu menyeimbangkan flora alami di mulut.

3. Minum jamu kunyit

Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki fungsi anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan pada sariawan. Sebuah studi mengungkapkan, kurkumin bisa berfungsi sebagai antijamur saat dikombinasikan dengan piperin. Piperin merupakan senyawa yang ditemukan pada lada hitam.

Simak obat alami Sariawan lainnya di halaman berikutnya..

Cara Alami Mengatasi Sariawan Seperti yang Dialami Pevita Pearce

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Baca Juga :  6 Wisata Candi di Magelang yang Wajib Dikunjungi Selain Borobudur

Tinggalkan komentar