7 Facial Paling Aneh di Dunia, Pakai Darah hingga Air Urine

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Facial merupakan salah satu perawatan kulit yang paling umum dilakukan banyak orang. Ada beberapa facial paling aneh di dunia yang cukup ekstrem untuk dilakukan.

Facial adalah perawatan kecantikan yang ditujukan untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, minyak, sel-sel kulit mati, dan komedo.

Idealnya, facial dilakukan sekali dalam sebulan. Namun, pemilik kulit berminyak dan jerawat bisa meningkatkan intensitas facial-nya.

Facial biasanya dilakukan dengan proses membersihkan wajah, penguapan, dan pengangkatan sel-sel kulit mati. Proses biasanya dilanjutkan dengan pemijatan dan penggunaan masker.

Namun, di luar itu, beberapa facial justru menggunakan bahan-bahan yang ekstrem.

Facial Paling Aneh di Dunia

Facial yang aneh memang bukan hal baru di dunia kecantikan. Selama berabad-abad, banyak orang telah mencoba berbagai cara untuk membuat kulit mereka lebih lembut, kenyal, dan muda.

Tak main-main, sejumlah cara tersebut terbilang begitu aneh. Mulai dari menggunakan darah hingga plasenta kambing, berikut beberapa facial paling aneh di dunia, mengutip daftar Ranker.

1. Facial darah




Ilustrasi. Facial darah merupakan salah satu facial paling aneh di dunia. (Istockphoto/ KatarzynaBialasiewicz)

Facial darah sempat ramai pada beberapa tahun ke belakang. Gara-garanya adalah Kim Kardashian yang memperkenalkan vampire facial ini dengan mengunggah foto wajahnya yang penuh darah ke Instagram.

Mengutip berbagai sumber, vampire facial diklaim mampu meremajakan kulit dengan menumbuhkan jaringan baru.

“Trombosit mengandung faktor pertumbuhan tingkat tinggi, yang bila dioleskan ke kulit, maka akan merangsang pergantian sel,” ujar ahli dermatologi, Ava Shamban.

2. Facial racun lebah

Prosedur ini menggunakan racun lebah dan madu untuk mengencangkan kulit dan membuatnya lebih bersinar.

“Racun lebah kedengarannya menakutkan, tapi mereka begitu bermanfaat,” ujar ahli kecantikan, Julie Lindh, mengutip CBS News.

Caranya, setelah kulit dicuci dengan bersih, ramuan racun lebah dioleskan. Cara ini merangsang pembentukan kolagen yang membuat kulit jadi semakin elastis.

3. Facial plasenta domba

Ahli dermatologi yang kerap menangani para selebriti, Harold Lancer, mempromosikan facial dengan menggunakan plasenta domba.

Louise Deschamps, salah satu ahli kecantikan di klinik milik Lancer, mengatakan bahwa facial dengan plasenta domba adalah perawatan kulit yang sempurna.

“Sel induk plasenta domba mencerminkan sel induk manusia. Ini adalah basis protein yang dekat dengan susunan seluler kita, sehingga tubuh dapat menyerap dan mengenalinya sebagai miliknya,” ujar Deschamps.

Namun, praktik ini mendapatkan penolakan dari sejumlah dokter. Salah satunya adalah ahli dermatologi Julia Tzu yang mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang memperlihatkan efektivitas plasenta domba untuk kesehatan kulit.

Hingga saat ini, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat juga belum mengatur praktik tersebut.

Simak facial paling aneh di dunia lainnya di halaman berikutnya..

Facial Paling Aneh di Dunia, Pakai Darah hingga Air Urine

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Baca Juga :  4 Kandungan Skincare yang Bikin Kulit Makin Berminyak

Tinggalkan komentar