7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Sperma Tak Tokcer

Jakarta, CakrawalaRafflesia

PersoalanĀ kesuburan kerap dibebankan pada kaum Hawa. Padahal kaum Adam turut andil lewat kualitas spermanya. Ternyata ada sederet kebiasaan yang merusak sperma tanpa Anda sadari.

Seperti dilansir dari Healthline, ada tiga hal yang membuat sperma kuat yakni kuantitas (sebanyak 15 juta atau lebih per mililiter air mani), pergerakan lincah dan bentuk sempurna (kepala bulat serta ekor panjang dan kuat).

Untuk menjaga kualitas sperma tetap terjaga, sebaiknya jauhi kebiasaan yang rusak sperma berikut ini.

Kebiasaan buruk yang bikin sperma tak tokcer:

1. Begadang

Hobi begadang bakal memperkecil peluang memiliki momongan. Menurut studi yang diterbitkan di jurnal Fertility & Sterility, pria yang tidur kurang dari 6 jam per malam punya peluang 31 persen lebih kecil untuk membuat pasangan hamil daripada pria yang tidur 7-8 jam per malam.

Kenapa bisa demikian? Kurang tidur akan menurunkan produksi hormon testosteron yang penting untuk produksi sperma.

Akan tetapi, porsi tidur juga jangan sampai berlebihan. Mereka yang tidur lebih dari 9 jam juga menunjukkan tingkat kesuburan rendah. Tidur 7-8 jam sudah cukup.

2. Terlalu banyak konsumsi alkohol

Sesekali minum bir atau wine tidak jadi soal. Sebaiknya tetap jaga porsinya sebab penelitian menghubungkan konsumsi alkohol dengan jumlah sperma lebih sedikit.

Sebuah riset di Denmark menemukan minum 25 minuman atau lebih per minggu berkaitan dengan penurunan kualitas sperma yang signifikan. Pria yang menenggak 40 minuman per minggu jumlah spermanya 33 persen lebih rendah dan 51 persen lebih sedikit sperma sehat dibanding mereka yang minum 1-5 minuman seminggu.

Baca Juga :  Sulit Orgasme saat Bercinta? Wanita Mungkin Butuh 5 Hal Berikut

“Alkohol adalah racun,” kata Ajay Nangia, profesor urologi di University of Kansas Medical Center, seperti dikutip dariĀ Men’s Health.

3. Gemar minum soda

Cek lagi seberapa banyak Anda minum soda. Studi yang dipublikasikan di Human Reproduction menemukan mereka yang minum lebih dari satu minuman soda sehari memiliki sperma yang kurang lincah dibanding mereka yang jarang minum soda.

Terlalu banyak konsumsi gula, termasuk minum soda, akan mengakibatkan resistensi insulin. Sel-sel tubuh tidak dapat mengambil glukosa dari darah dan menggunakannya untuk energi.

Sebagai akibatnya, timbul peradangan sehingga menghambat sperma bergerak.

Kebiasaan buruk yang buat sperma tak tokcer masih berlanjut di halaman selanjutnya…


Kebiasaan buruk yang bikin sperma tak tokcer

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Tinggalkan komentar