9 Oleh-Oleh Khas Bandung, Aneka Makanan hingga Kerajinan Tangan

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Oleh-oleh khas Bandung selalu menjadi incaran wisatawan saat berlibur di Kota Kembang. Ada banyak yang istimewa dari Bandung yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Mulai dari yang khas seperti makanan hingga inovasi seperti kue para artis, serta barang-barang kerajinan produksi masyarakat setempat.

Saking beragamnya, kuliner Bandung bahkan telah diakui di kancah internasional. Panduan wisata dunia TasteAtlas menempatkan Bandung sebagai kota terbaik ke-5 untuk makanan tradisional di Asia. Bandung berada di bawah Bangkok, Hong Kong, New Delhi, dan Seoul.

Sementara di dunia, Bandung menjadi kota terbaik ke-11 untuk makanan tradisional dengan urutan pertama Meksiko. Selain empat kota di Asia, Bandung hanya kalah dari Naples, Buenos Aires, Paris, Bucharest, dan Roma.

Selain oleh-oleh khas Bandung berupa makanan, ada pula pilihan buah tangan berupa kerajinan tangan yang unik untuk Anda bawa pulang. Berikut daftarnya.

1. Batagor Bandung




Ilustrasi. Batagor adalah makanan khas Bandung yang cocok dibawa sebagai oleh-oleh. (Istockphoto/rikirisnandar)

Bakso tahu goreng alias batagor merupakan oleh-oleh khas Bandung yang paling wajib dicicip. Ini merupakan perpaduan antara bakso dari ikan tenggiri dan tahu yang dilembutkan, lalu digoreng dan dimakan dengan bumbu kacang dan perasan jeruk limau.

Batagor sudah menjadi jajanan khas Bandung sejak 1968. Kala itu, batagor dibuat sebagai menu cadangan untuk menyelamatkan bakso-bakso yang tidak laku, sehingga dicampur tahu lalu digoreng.

Di Bandung, ada beberapa toko batagor yang melegenda dan biasa dibeli sebagai oleh-oleh, seperti Batagor Riri di daerah Lengkong, Batagor Kingsley di Sumur Batu, dan Batagor H. Isan di Lengkong.

2. Pisang bolen

Pisang bolen adalah camilan berupa pastry yang renyah dengan isi pisang manis dan lembut. Biasanya, pisang bolen akan diberi rasa tambahan, seperti cokelat dan keju.

Cemilan ini sudah hadir di Bandung sejak 1984. Ide pisang bolen terinspirasi dari banana bollen, pastry asal Belanda.

Jika ingin menjajal kuliner yang satu ini, cobalah pisang bolen yang paling melegenda, yaitu Kartika Sari di daerah Dago. Toko pisang bolen lain yang juga bisa dicoba adalah Mayasari Bakery di Kebon Kawung.

3. Tahu susu Lembang




Tahu Sumedang, the popular street food of deep-fried bean curd from Sumedang, West Java. Served in a natural wooden bowl. Further back in the background, there are partial view of a bowl of green chili peppers and a small plate of individual serving of the bean curd.Ilustrasi. Tahu susu Lembang yang lembut merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung (iStockphoto/MielPhotos2008)

Ini merupakan kudapan tahu goreng pada umumnya. Tapi yang berbeda, tahunya sangat lembut karena dipadukan dengan campuran kedelai dan susu murni.

Hasilnya, tahu ini punya tekstur yang gurih, lembut, creamy, namun tetap padat. Namun karena masuk kategori makanan tradisional dan tidak pakai pengawet, maka tahu ini hanya tahan sekitar 2 hari saja.

Tahu Susu Lembang sudah menjadi salah satu oleh-oleh khas Bandung yang wajib dibawa sejak 2008. Sesuai namanya, jajanan ini bisa didapat di daerah Lembang.

4. Picnic roll

Selain pisang bolen, camilan bertema pastry dari Bandung yang tak boleh terlewatkan adalah picnic roll. Ini merupakan pastry dengan isi daging cincang dan telur rebus.

Sama halnya dengan pisang bolen juga, kuliner yang satu ini juga terinspirasi dari saucijzenbroodje alias roti sosis asal Belanda. Picnic roll yang wajib dicoba bisa dibeli di Prima Rasa di daerah Kemuning.

Rekomendasi oleh-oleh khas Bandung lainnya, lanjut halaman dua…


Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bandung

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Baca Juga :  Doa Mandi Salat Idulfitri dan Tata Cara Melakukannya

Tinggalkan komentar