Awas, Gigi Berlubang Bisa Picu Penyakit Jantung

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Gigi berlubang bukan masalah sembarang. Kondisi tersebut bahkan bisa memicu penyakit jantung.

Penyebabnya adalah banyaknya pembuluh darah yang ada di sekitar gigi. Beberapa diantaranya berhubungan langsung dengan jantung.

“Ada juga yang di akar gigi itu [pembuluh darah] berhubungan langsung dengan jantung,” ujar ahli kesehatan gigi dan mulut, Rahmanto Budi dari RSJPD Harapan Kita dalam siaran daring Penyakit Jantung Akibat Gigi Berlubang di akun Instagram @radiokesehatan, beberapa waktu lalu.

Gigi berlubang menjadi sumber dari infeksi bakteri. Bakteri-bakteri tersebut, lanjutnya, bisa langsung masuk ke jantung melalui pembuluh darah.

“Kalau ada infeksi di gigi, jantung kita bisa bermasalah juga. Ada bakteri yang masuk ke aliran darah,” ujar Rahmanto.

Bakteri menjadi salah satu penyebab utamanya penyakit jantung yang dipicu oleh gigi berlubang. Bakteri disebut bisa menyebabkan infeksi di organ jantung.

Tak cuma itu, beberapa penelitian juga menemukan bakteri yang ada di jantung hampir sama dengan bakteri yang ada di rongga mulut atau sekitar gigi.

Endokarditis merupakan salah satu infeksi paling akut pada jantung yang bisa disebabkan gigi berlubang. Endokarditis adalah peradangan pada endokardium atau lapisan di bagian dalam jantung.

Selain itu, Rahmanto mengatakan, gigi berlubang juga bisa memicu penyumbatan di pembuluh darah.

“Sehingga gigi perlu dibersihkan dan dirawat agar terhindar dari bakteri, yang bisa memicu penyakit-penyakit lainnya,” pungkas Rahmanto.

(asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Kasih Sayang Mereka untuk Kucing-kucing Telantar di Jalan

Tinggalkan komentar