Brasil Kini Punya Patung Yesus Tertinggi Ketiga di Dunia

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Patung Christ the Redeemer (Kristus Sang Penebus) yang telah menjadi ikon Brasil kini ‘kalah’ dengan patung Cristo Protetor de Encantado (Kristus Sang Pelindung).

Ketinggian patung ini menjulang mencapai 143 kaki atau 43,5 meter, sedangkan Kristus Sang Penebus memiliki tinggi 38 meter. Dengan begitu, patung Kristus Sang Pelindung masuk ke dalam predikat patung Kristus tertinggi di dunia. Patung ini tercatat sebagai yang tertinggi ketiga di dunia.

Letak patung ini berada di Rio Grande do Sul yang hanya berjarak 1.609 km barat daya dari Rio de Janeiro dan patung Kritus Penebus. Patung ini merupakan hasil karya dari pematung terkenal Genesio Gomes Moura yang bekerja sama dengan sang putra, Markus.

Mereka berdua merancang patung yang memiliki berat 1.700 ton. Lengan Kristus Sang Pelindung ini terbentang sejauh 39 meter.

Nantinya, pengunjung bisa masuk ke dalam bangunan patung dengan bantuan lift dan berhenti tepat di bagian jantung. Pengunjung akan menikmati pemandangan sekitar Kristus Sang Pelindung dari ketinggian 34 meter.

“Ini akan menjadi pembukaan kaca di mana orang akan dapat merekam dan memotret lembah,” kata supervisor umum proyek, Artur Lopes de Souza, seperti yang dikutip dari Travel Awaits.

Pengerjaan patung ini dimulai pada 2019 lalu. Ide ini dicetuskan oleh Wali Kota Espirito Santo saat itu, yang kini telah meninggal karena Covid-19.

Dana pembangunan patung ini berasal dari bisnis lokal. Secara resmi, pembangunan patung ini baru selesai pada April 2022 kemarin.

“Kami melakukan pekerjaan Kristus berdasarkan tiga kata: iman, pengabdian, dan rasa syukur,” ucap wakil presiden Asosiasi Sahabat Kristus, Robison Gonzatti.

Baca Juga :  Palme d'Or, Piala Mewah Cannes Berlapis Mutiara

Menjadi ‘Magnet’ Wisata Baru Brasil




Patung Kristus Sang Pelindung di Brasil. (AFP/SILVIO AVILA)

Selama pembangunan, Kristus Sang Pelindung sudah menarik 37 ribu pengunjung. Para pejabat setempat menawarkan tur dengan pemandu berbayar di setiap akhir pekan dan hari libur.

Pembangunan patung kini telah usai, namun turis belum bisa mencoba alun-alun yang berada di sekitarnya karena masih dalam tahap pembangunan.

Kompleks ini diperkirakan akan selesai pada awal tahun 2023. Nantinya, akan dibangun beberapa restoran, toko, dan berbagai pemandangan patung baru.

Pejabat setempat berharap keberadaan patung anyar ini akan meningkatkan pariwisata. Brasil sendiri telah dikenal sebagai salah satu surga dunia di Amerika Latin.

(auz/asr)

[Gambas:Video CNN]


Tinggalkan komentar