Doa yang Bisa Diucapkan saat Ibadah Haji

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Doa saat ibadah haji memang bermacam-macam. Para jemaah tentu tidak akan lepas memanjatkan doa saat melaksanakan rukun islam yang kelima ini.

Apalagi, setelah ditunda sejak 2020 lalu jemaah haji asal Indonesia akhirnya bisa berangkat ke tanah suci. Sebanyak 449 jemaah haji kloter pertama asal Jawa Timur pun telah dilepas oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin pada Sabtu pagi kemarin untuk berangkat ke Makkah.

Bagi Anda yang sedang dan akan melaksanakan ibadah haji, tentu banyak doa saat ibadah haji yang dipanjatkan agar ibadah lancar dan menuai pahala.

Sebagaimana dilansir dari website resmi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) orang-orang beriman yang tengah menunaikan ibadah haji akan berdoa untuk kebaikan di dunia dan akhirat serta agar terhindar dari azab neraka.

Salah satunya adalah doa yang tersurat dalam QS Al Baqarah ayat 210 atau dikenal juga sebagai Jawami’ud Du’a (pokok dari segala doa) yang baik diamalkan saat menunaikan ibadah haji. Masyarakat di Jawa juga mengenal doa ini sebagai ‘sapu jagat’ karena mengumpulkan kebaikan dunia dan akhirat.

Berikut doa sapu jagat yang baik diamalkan oleh orang beriman saat menunaikan ibadah haji agar mendapat kebaikan dunia dan akhirat.

 Doa saat ibadah haji :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

‘rabbana atina fid-dunya hasanah, wafil akhirati hasanah, waqina ‘adzaban nar’

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa api neraka”

Doa saat ibadah haji ini bisa dipanjatkan setiap saat saat sedang menjalankan ibadah haji. 

(tst/chs)

[Gambas:Video CNN]

Baca Juga :  Anies Baswedan Resmikan RS Umum dan Kanker Siloam Agora


Tinggalkan komentar