Kerja Sambil Berdiri atau Duduk, Mana yang Lebih Baik?

Manfaat kerja berdiri dengan standing desk

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 60–85% orang di dunia menjalani gaya hidup kurang gerak yang menjadikannya salah satu penyebab berbagai masalah kesehatan.

Karena itulah, menambah aktivitas fisik menjadi cara terbaik yang bisa Anda lakukan, termasuk kerja sambil berdiri dengan standing desk.

Standing desk merupakan meja yang dirancang cukup tinggi agar Anda bisa menggunakannya sambil berdiri, entah untuk menulis atau menghadap layar komputer.

Kerja berdiri juga dipercaya cenderung mendorong seseorang lebih banyak bergerak daripada duduk terlalu lama di kursi yang nyaman.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan kerja berdiri dengan menggunakan standing desk.

1. Mengurangi risiko obesitas

obesitas anak, masalah gizi di indonesia

Duduk terlalu lama bisa membuat metabolisme tubuh menjadi lambat. Melambatnya metabolisme berkaitan erat dengan risiko obesitas dan kelebihan berat badan.

Para peneliti dari University of Pittsburgh, AS, membandingkan kalori yang terbakar saat berdiri dan duduk. Hasilnya, duduk membakar 80 kalori per jam, sedangkan berdiri mampu membakar 88 kalori per jam.

Studi tersebut membuktikan bahwa berdiri membakar kalori sedikit lebih banyak daripada duduk. Ini menjadikan kerja sambil berdiri bisa membantu mengurangi risiko obesitas.

2. Menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung

Berbagai penyakit berbahaya mengintai jikalau Anda terbiasa duduk sepanjang hari. Anda lebih rentan terserang diabetes karena duduk terlalu lama berisiko menyebabkan resistensi insulin.

Sementara itu, penyakit jantung juga bisa muncul karena kalau Anda duduk seharian. Hal ini disebabkan karena sirkulasi oksigen dalam tubuh menuju jantung jadi terhambat.

Baca Juga :  5 Dampak Pemanasan Global pada Kesehatan Manusia

3. Postur tubuh lebih baik

Ketika duduk, Anda cenderung memilih posisi yang nyaman atau malas. Sementara itu, tubuh akan dipaksa untuk menjaga postur yang tegap dan sehat saat Anda berdiri.

Di samping itu, kerja sambil berdiri juga bisa mencegah bahu pegal dan nyeri punggung akibat posisi tubuh yang terlalu bungkuk selama duduk.

Tinggalkan komentar