Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Setelah Masa Nifas

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Setelah melahirkan, perempuan umumnya akan memasuki masa nifas atau masa keluarnya darah pascapersalinan. Dalam masa ini, Islam menganggap perempuan sedang berhadas besar.

Saat memasuki masa nifas, perempuan tidak diperbolehkan menjalankan ibadah salat, puasa, membaca Al-Qur’an, dan ibadah-ibadah lainnya.

Untuk itu, perempuan harus melakukan mandi wajib setelah melahirkan agar bisa kembali menjalankan ibadah. Mandi ini bisa dilakukan setelah masa nifas selesai.

Mandi wajib atau mandi junub sendiri adalah mandi yang dilakukan untuk membersihkan tubuh dari hadas besar. Beberapa hal yang termasuk ke dalam hadas besar di antaranya adalah keluarnya sperma atau cairan akibat rangsangan seksual, berhubungan intim, haid, serta darah yang keluar pascapersalinan (nifas).

Apa Itu Nifas?

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, nifas merupakan masa saat keluarnya darah pascapersalinan. Secara ilmiah, nifas dimulai selepas kelahiran plasenta dan berakhir saat organ-organ kandungan kembali seperti semua.

Mengutip Medscape, secara medis, nifas umumnya berlangsung selama enam pekan. Namun, kondisi ini akan berbeda pada masing-masing perempuan.

Niat Mandi Wajib Setelah Nifas




Ilustrasi. Niat mandi wajib setelah melahirkan sama seperti niat mandi junub lainnya. (iStockphoto/skynesher)

Mengutip NU Online, masa nifas merupakan salah satu kondisi yang membuat perempuan dianggap sedang berhadas besar. Untuk itu, perempuan perlu melakukan mandi wajib setelah melahirkan agar bisa kembali menjalankan ibadah seperti biasanya.

Seperti lainnya, mandi junub setelah masa nifas dilakukan dengan mengucap niat terlebih dahulu. Berikut niat mandi wajib setelah melahirkan.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى
Nawaitul ghusla liraf’i hadatsin nifaasi lillahi ta’alaa

Artinya:
“Aku berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Mandi Wajib Setelah Nifas

Pada dasarnya, tata cara mandi junub setelah masa nifas sama seperti mandi-mandi besar lainnya. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Membasuh kedua tangan tiga kali;

2. Membersihkan bagian tubuh di sekitar kemaluan;

3. Cuci tangan dengan sabun;

4. Wudhu;

5. Mulai mandi besar dengan mengguyur seluruh badan dari kepala hingga kaki;

6. Guyur bagian bada sebelah kanan tiga kali, sebelah kiri tiga kali. Jangan lupa menggosok-gosok tubuh, depan maupun belakang sebanyak tiga kali.

Hindari tangan menyentuh area kemaluan. Jika tak sengaja menyentuh area kemaluan, maka Anda diwajibkan untuk kembali mengambil air wudhu.

Demikian niat dan tata cara mandi wajib setelah melahirkan.

(asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  7 Benda yang Terlarang Masuk Vagina, Termasuk Botol

Tinggalkan komentar