Pandemi Covid-19 Bikin Lansia Makin Banyak yang Jantungan

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Lansia menjadi salah satu kelompok yang paling terdampak akibat pandemi covid-19. 

Bukan cuma soal mereka termasuk dalam kelompok rentan, tapi juga mencakup masalah ekonomi hingga kesehatan mental. Bahkan faktanya lansia yang sakit jantung makin bertambah banyak saat pandemi.

Dalam studi nasional tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap kelompok lansia, termasuk lansia penyandang disabilitas di Indonesia, menemukan tingkat kesehatan yang semakin menurun jika dibandingkan sebelum pandemi.

“Ada peningkatan beberapa penyakit yang dialami para lansia sejak pandemi. Misalnya penyakit jantung dan stroke selama periode pandemi,” kata Yasuhiko Shoito dari International Consultant on Population Ageing saat menyampaikan hasil penelitian tersebut secara daring, Selasa (26/7).

Rata-rata lansia yang mengalami peningkatan penyakit jantung dan stroke ini berada di usia 60 tahun ke atas. Selain dua penyakit itu, tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal juga meningkat meskipun tidak sebesar penyakit jantung dan stroke.

Sementara penyakit paru-paru dan diabetes justru menurun. Kemungkinan kata Shoito, penyebabnya penyakit paru-paru tidak sebesar penyakit jantung dan stroke dipengaruhi oleh kualitas udara yang semakin baik selama pandemi.

“Dengan berkurangnya mobilitas dan kemacetan lalu lintas, bukan tidak mungkin kualitas udara mengalami peningkatan yang lebih baik,” kata dia.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi berbasis web Golantang-BKKBN di 30 kabupaten/kota. Sekitar 9.000 lansia yang tersebar di 10 provinsi tercatat sebagai responden.

Dalam analisisnya, studi ini juga dilengkapi dengan hasil kajian data sekunder terkait lansia yang diperoleh dari data Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Statistik Hayati) Kementerian Dalam Negeri, data dari Pendataan Keluarga (PK) BKKBN, Data Potensi Desa dari BPS, dan Data COVID-19 dari Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga :  Bahaya Salmonella, Bakteri yang Bikin Peredaran Cokelat Kinder Disetop

Status kesehatan lansia secara umum dinilai melalui proses penilaian kesehatan diri (self-rated) sebelum pandemi dan pada saat survei dilakukan (saat pandemi). Persentase lansia yang menjawab tidak sehat, rata-rata meningkat selama masa pandemi.

(tst/chs)

[Gambas:Video CNN]


Tinggalkan komentar