Sepenggal Kisah Ramayana di Balik Gagahnya Gua Kiskendo

Jakarta, CakrawalaRafflesia

Kisah Rama-Shinta memang sudah akrab di benak khalayak. Namun jangan lupakan kisah Subali-Sugriwa yang juga jadi bagian dari Epos Ramayana.

Ingin ‘berjumpa’ dengan dua wanara atau kera keturunan dewa ini? Datang saja ke Gua Kiskendo.

Gua Kiskendo menjadi salah satu destinasi wisata di DI Yogyakarta. Berada di Kabupaten Kulon Progo, gua ini menawarkan gugusan stalaktit dan stalagmit, bersamaan dengan sepenggal kisah epos Ramayana.

Di balik kabut tipis Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, para niyaga menabuh alat musik gamelan mengiringi tembang pesinden. Sendratari Subali-Sugriwa pun dimulai.

Gua Kiskendo diyakini sebagai tempat Subali dan Sugriwa berperang melawan kakak beradik Mahesa Sura dan Lembu Sura dalam menyelamatkan Dewi Tara yang diculik dari Kahyangan.

Kisah itu disajikan dalam sendratari yang digelar pada Selasa (14/6) lalu. Sendratari ini rutin digelar sebulan sekali di amphiteater yang terletak di gerbang utama kawasan Gua Kiskendo.

Kisah ini berawal dari keinginan Mahesa Sura untuk memperistri Dewi Tara. Tapi lamaran ditolak, Mahesa Sura pun mengamuk. Ia mengajak Lembu Sura untuk menyerang Kahyangan dan menculik Dewi Tara.

Subali dan Sugriwa pun unjuk gigi. Mereka diminta para dewa untuk menyelamatkan Dewi Tara dari penculikan. Di sini lah pertarungan sengit berlangsung. Pertarungan itu diyakini terjadi di Gua Kiskendo.

Dalam pertarungan, Subali meminta Sugriwa untuk menjaga Dewi Tara di mulut gua. Sementara dirinya harus berperang melawan Mahesa-Lembu Sura di dalam gua.

Dia berpesan pada Sugriwa bahwa jika nanti darah yang keluar dari gua berwarna merah, maka dialah yang menang. Namun jika darah yang keluar berwarna putih, dia yang kalah dan Sugriwa harus menutup mulut gua dengan batu besar.

Baca Juga :  Liburan Seru Lihat Jakarta dari Puncak Monas

Darah berwarna merah dan putih yang keluar dari gua membuat Sugriwa bingung. Ia berpikir bahwa Subali telah kalah. Ia pun menutup mulut gua dengan batu besar.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya..


Sepenggal Kisah Ramayana Dibalik Gagahnya Gua Kiskendo

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Tinggalkan komentar